APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Ternyata Rokok Bisa Menghambat Perkembangan Otot
PDPI Malang, 22 Apr 2024 09:12:24

Merokok ternyata tak hanya mengganggu kesehatan paru-paru tetapi juga pertumbuhan massa otot.

Seperti dikutip dari Medical News Today melansir bagaimana rokok memengaruhi massa otot. Kandungan nikotin dalam rokok mengganggu cara sel membuat protein yang berguna untuk memperbaiki otot rusak akibat olahraga.

Dalam tubuh manusia terdapat hormon testosteron yang penting untuk pertumbuhan dan kinerja otot. Ketika nikotin mengkontaminasi tubuh mampu mengganggu aktivitas hormon tersebut dan menghambat perkembangan massa otot.

Seperti diketahui, nikotin adalah senyawa kimia dalam tembakau atau tumbuhan lainnya yang bersifat adiktif atau memberikan rasa candung bagi penggunanya. Kandungan inilah yang membuat perokok aktif sulit berhenti merokok.

Dalam jurnal yang dilansir National Institutes of Health, merokok menyebabkan disfungsi pada otot dan membuat stamina seseorang menurun. Tak ayal para perokok aktif lebih mudah merasa lelah dibandingkan yang tidak merokok.

Hal ini disebabkan oleh minimnya pasokan oksigen ke mitokondria dalam menghasilkan ATP karena adanya kontaminasi karbon monoksida dengan hemoglobin, mioglobin, dan pengaruh lainnya terhadap sistem pernapasan atau aliran darah.

Menurut Kementerian Kesehatan, 97% oksigen dibawa oleh hemoglobin dalam sel darah merah dan 3% lainnya diangkut dalam plasma darah. Kemampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen dipengaruhi karbondioksida dan suhu.

Hal ini mengganggu penyebaran oksigen ke semua jaringan tubuh, padahal oksigen akan digunakan sebagai bahan dasar untuk menghasilkan energi (ATP).

Hal ini dapat diartikan bahwa kandungan dalam rokok menghambat proses persebaran hemoglobin ke jaringan tubuh serta penurunan hormon testosteron yang berguna untuk perkembangan massa otot.

MITRA KERJA
VIDEO
Fakta Varian Omicron
Uploaded on Dec 13, 2021
Bahaya Debu Abu Vulkanik pada Kesehatan
Uploaded on Dec 10, 2021
Juara I - PDPI Cab Surakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara II - PDPI Cab Yogyakarta
Uploaded on March 27, 2022
Juara III - PDPI Cab Malang
Uploaded on March 27, 2022