APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Mau Punya Paru-Paru Sehat? Konsumsi Buah-buahan Berikut Ini!
PDPI Malang, 13 Jul 2021 21:24:25

Paru-paru merupakan organ dalam tubuh yang berperan penting sebagai saluran pernafasan yang perlu dijaga kesehatannya. Jika saluran pernafasan terganggu, apalagi jika sampai terkena penyakit asma, pneumonia, hingga kanker paru-paru tentunya akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, dimana kita perlu menjaga kesehatan dengan sangat hati-hati. Berikut ini ada rekomendasi buah-buahan ekonomis dan mudah didapat, yang mampu melindungi serta membersihkan paru-paru. 

1. Apel

Tidak hanya bagus untuk program diet, buah apel juga dikenal punya banyak khasiat baik untuk tubuh, termasuk kesehatan paru-paru. Dalam satu buah apel, terutama apel merah segar terdapat kandungan Vitamin C yang tinggi. Vitamin C sendiri dapat menangkal berbagai penyakit yang berkaitan dengan saluran pernafasan seperti flu dan batuk. Mengonsumsi apel secara rutin dapat merawat kesehatan, dan meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, Vitamin C dalam apel juga baik untuk penderita asma.

2. Tomat

Selain apel, tomat juga tinggi akan Vitamin C dan antioksidan. Kedua kandungan ini berperan dengan baik dalam proses pembersihan serta menjaga kinerja paru-paru, terutama bagi perokok atau mantan perokok. Rutin makan tomat segar secara langsung atau sebagai pendamping makanan lain, dipercaya dapat memperlambat penurunan fungsi paru-paru bagi orang dewasa.

3. Pisang

Siapa yang tidak suka pisang? Buah dengan rasa manis dan sering diolah jadi berbagai jenis camilan ini selain bisa didapatkan dengan harga ekonomis, juga punya segudang manfaat baik untuk tubuh. Pisang memiliki kandungan kalium yang dapat membantu mempercepat proses pembersihan paru-paru. Selain itu, pisang juga tinggi akan potasium yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. 

4. Nanas

Nanas memiliki rasa asam dan manis, yang sangat segar apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan dingin. Buah dengan daging berwarna kuning cerah ini juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan paru-paru. Rutin mengonsumsi nanas tanpa tambahan bahan apapun (seperti bumbu kacang dalam rujak buah), dipercaya dapat membantu membersihkan paru-paru dari berbagai zat berbahaya.

5. Anggur

Kandungan antioksidan di dalam buah anggur juga tidak kalah tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Selain antioksidan, anggur kaya akan Vitamin dan Mineral yang dipercaya dapat membersihkan paru-paru secara efektif, serta mencegah timbulnya dan mengobati berbagai penyakit dalam tubuh.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018